tempat wisata terpopuler di kota banda aceh

Sebelum menuju dimana -dimana kah letak wisata yang jadi banggakan  oleh kota banda aceh,tidak salah nya kita mengenal kota ini.kota banda aceh merupakan ibu kota banda aceh indonesia.sebagai pusat pemerintahan banda aceh menjadi pusat kegiatan ekonomi ,politiks,sosial dan budaya.
Kota banda aceh termasuk kota tertua di asia tenggara  kota  islam di negri indonesia ini,dimana  kota banda aceh merupakan ibu kota  dari kesultanan aceh.
Menurut sejarah kota banda aceh sebagai ibu kota kesultanan aceh daru salam berdiri pada abad ke 14.
Kesultanan kota banda aceh ini di bangun di atas puing-puing kerajaan - kerajaan agama hindu dan budha yang sudah ada sebelum nya.seperti kerajaan indra purba ,kerajaan indra pura(indapuri).
Dari batu nisah syah ,salah satu seorang sultan yang pernah memerintah kesultanan aceh,di dapat keterangan kesultanan aceh beribukota di kuta raja(banda aceh),(H.mahammad said a.1981:157.
Dalam masa pemerintahan syah hanya sekitar 10 tahun.


Selain itu kita merangkum juga berapa kecamatan di kota banda aceh ini.kota banda aceh ini terdiri dari sembilan kematan ,17 mukim,70 desa dan 20 kelurahan  yang dulu nya hanya 4 kecamatan di kota ini yaitu:
○Meuraksa
○Baiturrahman
○Kuta alam
○Syiah kuala
Yang kali ini di kembang kan menjadi sembilan kecamatan dan satu yang baru yaitu:
○baiturrahman,baru kab aceh besar.
○banda raya
○jaya baru
○kuala alam
○darul lmarah
○ulee kareng
○syiah kuala
○meuraksa
○lueng bata
○kuta raja
Oke untuk sementara sampai disini aja kita mengenal kota banda aceh.semoga tambah pengetauan untuk para pembaca dan ber mamfaat.selain kita mengenal sedikit kota banda aceh ,di kota banda aceh ini juga masih menyimpan beberapa wisata yang tak di ragukan lagi akan keindahan alam kota banda aceh ini.
Saya akan merangkum beberapa tempat yang wajib anda kunjungi untuk berlibur bersama kluarga ,teman ,dan lain-lain.
Berikut ini adalah 40 wisata dan lokasi nya yang di miliki kota banda aceh:
1.musium Tsunami
Lokasi :jalan iskandar muda no.3 suka ramai ,baiturrahman.kota banda aceh ,aceh 23243
 Kita mulai aja dari urutan pertama musium Tsunami.
Musium tsunami ini adalah tempat kita mengenang peristiwa yang sangat menyedih kan yang telah terjadi bencana alam banjir ,yang telah merenggut nyawa hinga ratus ribu orang yang meninggal dan hilang ,dan juga banyak sekali bangunan rumah porak poranda karna peristiwa tsunami aceh ini.Peristiwa yang memilukan bagi negara indonesia dan juga dirasakan  bagi umat islam sedunia.bagi anda yang berkunjung  yang bisa anda lalui antara lain.

  1. Lorong stunami
  2. Ruang kenangan
  3. Sumur doa
  4. Lorong cerobong
  5. Jembatan harapan
Bagai mana anda tertarik  untuk berkunjung di wisata musium stunami ini?

2 PULAU RUBIAH.
 Lokasi : sabang ,di sebelah barat laut  pulau weh.
Di pulau ini di beri nama rubiah  berdasrkan nisan yang ada di pulau.di pulau rubiah ini anda bisa melakukan kegiatan seperti  diving dan snorkeling yang pasti nya seru.
Keindahan  aneka ikan tropis dan alami nya terumbu karang yang warna warni menambah keindan tersendiri di pulau rubiah ini.

3. PANTAI IBOIH
 Lokasi: desa eboih ,kec.suka karya,kab.sabang ,provinsi.banda aceh.
Pantai iboih ini menyimpan keindah yang lain dari pantai lain nya ,keindah warna pantai ini adalah hijau toska atau biru cerah  yang menjadikan para pengunjung menjadi betah di area pantai ini.
Di tambah lagi pasir putih bersih dan lembut di bibir pantai dan menikmati anging spoi-spoi menambah ke sempurnaan pantai ini.
 4. MASJIT RAYA BAITURRAHMAN
 Lokasi :
Icon nya wisata kota banda aceh tidk lain adalh masjit raya baiturrahman .
Masjid berwarna putih dengan kubah berwarna hitam yang menjadi kan masjid ini menjadi salah satu masjid kebanggaan kota banda aceh.pada peristiwa tejadi nya stunami pada tahun 2014 lalu masjid inilah salah satunya tempat untuk berlindung oleh masyarakat banda aceh paska terjadinya stunami besar-besaran tahun lalu.
Di bangunan masjid ini di kelilingi 7 menara yang juga memiliki kubah hitam  di atas nya .keindahan lain lagi di tambah adanya kolam besar dan di kelilingi air mancur yang menjadikan ke indahan dan kesempurnaan masjd baiturrahman ini. Megah ,cantik ,dantentunya sangat nyaman untuk melakukan doa kusus nya agama islam.
 5. AIR TERJUN BLANG KOLAM
 Air terjun blang kolam ini juga salah satu tempat wisata ter indah dan terpopuler di kota banda aceh ini dan menjadi salah satu kebanggaan kota banda aceh ini.
Keistimewaan airtejun balang kolam ini di karenakan keasrian nya masih terjaga,bagi anda yang mencari tempat berkemah disinilah tempat yang paling cocok untuk berkemah yang pastinya aman tenang dan .
6 .DANAU LAUT TAWAR.
LOKASI:
DANAU LAUT TAWAR ini merupakan salah satu danau yang sangat  indah dan  menawan ,danau laut tawar ini mempunyai ke luasan yang lumayan luas nya sekitar  5,572 hektar ,panjang nya mencapai 3,219 km yang cukup luas dan panjang untuk kita nikmati.
Apa lagi kalau kita melihat pada waktu  di dataran tinggi kita bisa melihat secara langsung keindahan  luasnya danau  laut ini.
7. pantai lhoknga
Lokasi:
Pantai ini termasuk pantai yang bisa di bilang  indah nan menawan ,seperti pantai -pantai lain yang mempunyai pasir putih panjang di bibir pantai.
Keisyimewaan pantai ini air nya yang jernih bening dan mempunyai pasir putih panjang dan yang pastinya asli ciptaan alam laut sendiri.

Pantai ini unntuk di tempuh dari kota banda aceh tidak lah terlalu jauh,sekitar 20 km sahaja.bagi yang penghobi berselancar di sinilah tempat nya,karena ombak di pantai ini bisa dikatakan menantang bisa setinggi 1,5-2meter.
8 . RUMAH CUT NYAK DIEN
LOKASI: desa lampisang ,kec.peukan bada ,aceh besar

RUMAH cut nyak dien ini adalah salah satu wisata bersejarah ,dimana pahlawan indonesia yang gagah berani melawan dalam masa penjajah  di kota serambi mekah ini.
Siapa yang  ngak mengenal nama cut nyak dien sosok pahlawan indonesia ini.
 Di musium wisata ini anda bisa melihat hal- hal sebagai berikut:
Arsip-arsip perjuangan beliau dalam masa melawan penjajah mengusir para belanda sang penjajah negri kita.
Walau rumah yang di dirikan sekarang hanya tiruan anya saja tapi kita bisa merasakan nilai positip bila kita ada disini.
Bagian peninggalan yang asli antara lain sumur tinggi dimana bibir sumur sampai kelantai dua rumah cut nyak dien .
Sayang nya kita tidak bisa melihat rumah aslinya,karena rumah aslinya sudah di bakar oleh para penjajah belanda pada tahun 1896.

9 . TAMAN  HUTAN RAYA POCUT MEURAH INTAN
LOKASI:
NAMA taman hutan raya pocut meurah intan ini  di ambil dari bangsawan wanita  keturunan kesultanan aceh yang terkenal berani melawan pejajah belanda.

Keistimewaan taman ini bisa di katakan lebih dari lenkap,antara lain:

  1. Air terjun air panas
  2. Kawah belerang
  3. Tebing batu bersusun
  4. Lantai gunung berbatu
  5. Gunung gajah
  6. Batu monyeg
     Yang terahir
      7 . Bendungan peninggalan belanda.
Anda pasti betah di taman ini karena tempat wisata satu ini sangat banyak hal yang kita nikmati.

10 . AIR TERJUN KUTA MALAKA
Lokasi :samahani ,kec. Kuta malaka.
11 .TUGU NOL KILOMETER
Lokasi: desa lboih ujung ba,u .kec .sukakarya  kota sabang ,pulau weh aceh.

11 .PULAU BATEE
lokasi:kab aceh besar ,provinsi banda aceh.

12 .PULAU KLUANG
Lokasi:  gle jong,jaya.kab.jaya aceh.aceh
Pulau  cantik dan ekostis di tengah laut

13,gua sarang
Kalau anda ingin berkunjung dian menikmati pulau privat maka disinilah tempat yang cocok untuk anda kunjungi.anda bisa melakukan aktifitas mandi sepuas nya di sekitar goa sarang ini dan menikmati air nya yang sangat lah jernih bersih.

Itulah tempat tempat yang di punyai kota banda aceh dan masih banyak lagi,lain kali saya akan menambahkan daftar wisata di pulau ini ,slalu berkunjung di artikel kami,kami selalu akan meng update semua wisata wisata yang di miliki kota banda aceh ini .makasih.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

WISATA KRATON YOGYAKARTA

PANTAI PANTAI LAMA DI MALANG SELATAN

KAFE SAWAH PUJON KIDUL